Tips Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Tetap Aman Saat Dikonsumsi

Tips Cara Menyimpan Daging Qurban Agar Tetap Aman Saat Dikonsumi

Umat islam di dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Hampir dipastikan santapan untuk beberapa hari ke depan dipenuhi dengan sajian daging qurban, yang merupakan daging Domba/Kambing atau Sapi.

Agar nutrisinya tetap terjaga perhatikan cara menyimpan daging kurban.

Daging yang tidak disimpan dengan baik bisa menjadi sumber bakteri. Daging kurban yang sudah terkontaminasi bakteri, Bila dikonsumsi rentan mengakibatkan keracunan, apalagi kalau cara memasaknya juga salah.

DAGING CEPAT MEMBUSUK KARENA CARA MENYIMPANNYA SALAH

Daging kurban cepat membusuk karena cara menyimpannya tidak tepat. Dan dapat membuat kualitas daging benar menurun, Sehingga bakteri penyebab penyakit mudah berkembang biak. Bila Anda mengonsumsi daging seperti ini bisa dipastikan akan mengalami keracunan.

Menurut dr. Karin Wiradarma dikutip dari KlikDokter “Bila daging cuman diletakan dalam suhu ruangan, maka kuman bisa berkembang biak hingga 2x lipat dalam waktu 20 menit”.

Meskipun daging kurban yang sudah tidak layak konsumsi sudah diolah dengan cara yang benar resiko tersebut biasa tetap terjadi.

Maka dari itu, cara tepat menyimpan daging qurban yaitu sebagai berikut.

TIPS CARA MENYIMPAN DAGING QURBAN AGAR TETAP AMAN SAAT DIKONSUMSI

Saat akan mencuci daging sebelum disimpan jangan sampai lupa untuk mencuci kedua tangan dengan sabun dan air yang mengalir terlebih dahulu. Ini sangat penting, karena bakteri dari tangan dapat berindah dan masuk kedalam pori pori daging.

Yang harus Anda lakukan pertama kali sebelum menyimpan daging kurban yaitu mencucinya sampai bersih dengan air yang mengalir. Tujuannya untuk meminimalkan paparan bakteri yang ada pada daging qurban.

Selalu gunakanlah wadah seperti mangkuk, piring atau peralatan yang berbeda lainnya untuk daging mentah dan daging yang sudah matang.

Selanjutnya letakanlah daging yang sudah dicuci dengan bersih tersebut ke dalam wadah makanan dalam keadaan kering. Kemudian masukan daging yang sudah dikemas dalam wadah ke dalam Freezer.

Wajib Anda perhatikan bahwa suhu freezer yang disarankan yaitu dibawah 17 derajat Celcius. Daging akan bertahan lebih lama dengan suhu serendah ini.

Agar daging kurban kualitasnya tetap terjaga perlu diperhatikan cara menyimpannya secara benar, maka daging tidak akan mudah terkena bakteri dan nutrisi dalam daging kuran tetap terjaga.

Hubungi Kami